Home
/
Startup

Biaya Layanan Seller Naik Hingga 6 Persen, Tokopedia Ungkap Alasannya

Biaya Layanan Seller Naik Hingga 6 Persen, Tokopedia Ungkap Alasannya
Vina Insyani27 April 2024
Bagikan :

Uzone.id – Tokopedia baru-baru ini mengumumkan kenaikan biaya yang akan diterapkan ke semua seller di platform ini mulai 1 Mei 2024 nanti. 

Besaran biaya layanan ini akan berubah mulai dari 2 persen hingga 6,5 persen menyesuaikan dengan kategori produk yang dijual. Misalnya, untuk kategori A akan dikenakan biaya 6,5 persen dan kategori E akan dikenakan biaya layanan 2 persen.

Menanggapi kenaikan biaya layanan seller di platformnya, Nuraini Razak selaku E-Commerce Communications Director Shop Tokopedia mengatakan kalau biaya tersebut akan digunakan untuk keperluan para seller nantinya.

“Sebetulnya banyak banget (gunanya) yaitu untuk memberikan program-program lebih untuk seller seperti tadi, ini balik lagi investasi kita untuk seller bagaimana mereka bisa menjangkau lebih banyak konsumen, lebih banyak campaign dengan Tokopedia seperti Beli Lokal dan lainnya dimana itu semua ada komponen biayanya,” ujarnya pada awak media dalam acara Halal Bihalal, Kamis, (25/04).

Nuraini juga menegaskan kalau kenaikan biaya layanan ini tidak akan memberatkan konsumen maupun para seller.

“Pastinya gak mau memberatkan konsumen dan seller ya, tapi pastinya ini semua sudah diperhitungkan dan tidak mungkin kita tiba-tiba naikin (biaya layanan) dengan jumlah yang luar biasa,” tambahnya.

Kenaikan biaya layanan seller Tokopedia ini juga tidak akan dilakukan terlalu sering namun hanya dalam waktu yang diperlukan saja.

“Kita tidak rencanain sejauh itu tapi gak mungkin naik tiap beberapa bulan sekali,” ujarnya.

Melihat banyak seller yang speak up, ia menyebut bahwa pihaknya sudah memberi tahu seller terlebih dahulu. Kenaikan biaya ini juga belum memberikan efek karena masih belum secara resmi diterapkan.

“Biaya layanan kita baru naik tanggal 1 mei nanti dan saya belum tahu efeknya seperti apa tapi ini memang serupa dengan apa yang dilakukan beberapa platform lainnya kita justru yang paling terakhir,” jelas Nuraini.

Nuraini pun kembali menegaskan, “Jadi sebetulnya kembali lagi untuk investasi seller Tokopedia dan Shop Tokopedia.”

Bagi seller yang masih bingung dalam mengetahui kategori-kategori dari produk yang kalian jual, kalian bisa membuka situs Pusat Edukasi Seller Tokopedia.

Pengecekan biaya layanan yang diterapkan oleh Tokopedia bisa dicek oleh seller di halaman Tambah dan Edit. Pada bagian Kategori Produk, masukkan Kategori Produk kalian, setelah itu, keterangan biaya layanan per produk.

populerRelated Article