home ×
Digilife

Viral Surat Nikah (Sertifikat Layak Kawin) Akan Berlaku 2020

17 November 2019 By
Viral Surat Nikah (Sertifikat Layak Kawin) Akan Berlaku 2020
Uzone

Ilustrasi (Foto: Hipwee)

Uzone.id - Peraturan menikah di Indonesia bakalan lebih ribet nih gaes. Bermula dari Menteri Koiordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi ungkap rencana pemerintah bagi calon pengantin gak boleh menikah kalau belum punya Surat Nikah atau Sertifikat Layak Kawin atau Surat Keterangan Pemeriksaan Calon Pengantin.

Mudhadjir Effendi mengatakan kepada media di Kompleks Istana Kepresidenan pada Kamis (14/11/2019) kalau sebelum ikut pembekalan gak boleh menikah.

Baca juga: Strategi Telkom Mendukung Ekosistem Digital di Indonesia

Ditargetkan rencana ini sudah berlaku tahun 2020. Nantinya, calon pengantin wajib ikut pelatihan atau kursus untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan reproduksi, tentang gizi hingga pemahaman tentang membangun rumah tangga yang baik.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kirana Pritasari di tempat yang sama mengatakan pada Jumat (15/11), bahwa di tahun pertama sebagian besar perempuan menikah sudah hamil, sehingga harus tahu dulu soal stunting.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga sudah sepakat soal rencana Sertifikat Layak Kawin ini agar anak terhindar dari stunting. Stunting adalah balita gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis.

 

Selain itu, Sertifikat Layak Kawin juga berkaitan dengan pencegahan terhadap berbagai macam penyakit, terutama berkaitan dengan janin dan anak usia dini.

Meskipun tujuannya positif, namun tidak berbanding lurus dengan pandangan netizen mengenai Sertifikat Layak Kawin ini. Sebagian netizen sudah apriori dengan rencana ini karena khawatir birokrasinya bakal ribet.

 

Berbeda dengan komentar @alansyah, dia berbagi pengalaman mudahnya mengurus Sertifikat Layak Kawin yang sudah berlaku di DKI Jakarta sejak 2017.

 

 

Nah, kalau menurut uzoners gimana nih dengan rencana pemerintah akan memberlakukan Sertifikat Layak Kawin?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

10 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
꧁༒Hunter༒꧂, 07 December 2019 | 21:52:44

terus gimana mendapatkan surat tersebut

pejuang 01 December 2019 | 07:56:15

terus gimana mendapatkan surat tersebut

Suryati yati 21 November 2019 | 02:28:42

program yg baguz ni

Mpink Iyyah 18 November 2019 | 12:26:34

ada ada saja kalau gw termasuk udah layak kawin apa belum ya?

Hentai Giie 18 November 2019 | 10:13:40

ajibb... nanti pada bingung deh

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article